Selamat Datang di Web Kalurahan Brosot KALURAHAN BROSOT BERBUDAYA MEMBUDAYAKAN BUDAYA

Artikel

SEMARAK KEMERDEKAAN DI KLAMPOK

19 September 2023 10:07:30  Admin Kalurahan  399 Kali Dibaca  Berita Lokal

Hari Kemerdekaan adalah salah satu tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus selalu dipelihara dan dipertahankan. Warga masyarakat sebagai generasi penerus tentunya harus mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif yang tentunya dapat menumbuhkan wawasan berbangsa juga rasa bela negara.

Menyambut datangnya Hari Ulang Tahun ke -78 Republik Inonesia pada 17 Agustus tahun 2023, warga Padukuhan Klampok sebagai bagian dari Bangsa Indonesia juga turut serta merasakan momen tersebut, guna mengenang jasa-jasa yang sudah dilakukan para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2023 ini dilakukan beberapa kegiatan antara lain menaati himbauan untuk memasang Bendera Merah Putih, umbul-umbul, dan hiasan lainnya yang bertemakan Kemerdekaan. Tak lupa Warga masyarakat di Padukuhan Klampok juga melakukan gotong-royong bersih lingkungan untuk menunjang keindahan lingkungan menyambut hari kemerkedaan ini. Bersih lingkungan dilakukan pada hari Minggu, 30 Juli 2023, tak terlewat juga melakukan fokus gotong royong bersih lingkungan di sekitar lapangan Klampok yang digunakan sebagai Upacara Bendera menyambut HUT ke-78 Republik Indonesia tingkat Kapanewon Galur.

Selain itu, pemuda-pemudi di padukuhan klampok yang kelak merupakan generasi bangsa tak lupa juga menunggu momen ceria ini dengan berinovasi melakukan beberapa kegiatan mengisi semarak kemerdekaan. Tentunya juga bersinergi dengan masyarakat warga Padukuhan Klampok secara umum. Pemuda – pemudi Padukuhan Klampok yang terhimpun dalam wadah organisasi pemuda yaitu Unit Kerja Karang Taruna ( UKKT ) Wirdhatama ini menyuguhkan suatu kegiatan sebagai usaha mengenang jasa para pahlawan dan mengisi Kemerdekaan RI dengan hal- hal yang positif.

Kegiatan tersebut antara lain ikut serta menghias lingkungan wilayah Padukuhan Klampok yang terfokus memberikan pernak-pernik di Lapangan Klampok, membuat gambar mural bertemakan kemerdekaan di bekas tempat penampungan Air PDAM tempo dulu sebagai ajang menyalurkan bakat pemuda pemudi dalam berkesenian terutama dalam hal mengekspresikan jiwa lewat goresan kuas dan cat. Dan yang paling ditunggu yaitu kegitan lomba 17-an.

Lomba 17-an dilaksanakan dua hari dua malam yaitu pada Hari Sabtu – Minggu, tanggal 12 – 13 Agustus 2023, baik lomba untuk anak –anak, remaja, juga bapak ibu warga padukuhan Klampok. Salah satu lomba yang sudah familiar dan melekat di momen agustusan yaitu lomba makan krupuk, yang diperuntukan bagi kategori anak-anak dan ibu-ibu. Lomba- lomba lainnya meliputi lomba roma challenge, lomba tahan tawa, lomba topi corong, lomba balap karung, lomba corong bola, lomba ambil koin dalam semangka, lomba estafet tepung, lomba balon cup, lomba voli balon air, lomba voli terpal, dan yang terakhir lomba futsal daster.

Tentunya ini merupakan lomba yang benar-benar membawa keceriaan bagi peserta maupun warga masyarakat yang menonton, sesuai tujuan kegiatan ini yaitu, UKKT Wirdhatama ingin berbagi keceriaan dan kebahagiaan bersama seluruh warga klampok, sehingga mampu menumbuhkan rasa syukur kepada Tuhan YME dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ini. Serta meningkatkan rasa cinta tanah air, rasa persatuan, kesatuan, rasa kekeluargaan serta mempererat tali silaturahmi warga masyarakat di Padukuhan Klampok.

Semarak kemerdekaan ini juga diperingati dengan melaukan malam tirakatan di masing –masing wilayah RT, mulai dari RT 15, RT 16, RT 17, dan RT 18. Uniknya semua menu makan di tiap RT sama, yaitu berbau olahan dari daging mentok, karena hadiah lomba 17-an berupa Mentok dan sepakat untuk disembelih dan untuk makam bersama di malam tirakatan menyambut hari kemerdekaan, 17 Agustus. Semoga momen bahagia ini terus terjaga dan dilestarikan di tahun –tahun mendatang. ( AN )

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : BROSOT, GALUR, KULONPROGO
Kalurahan : BROSOT
Kapanewon : Galur
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55662
Telepon :
Email : pemdes.brosot@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:227
    Kemarin:169
    Total Pengunjung:57.151
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.83.14
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

05 Maret 2019 | 16.820 Kali
Data Desa
05 Maret 2019 | 16.779 Kali
Profil
05 Maret 2019 | 16.775 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 16.771 Kali
Sejarah Desa
08 Juli 2019 | 16.706 Kali
Mekanisme Layanan
05 Maret 2019 | 16.684 Kali
Profil Wilayah Desa
08 Juli 2019 | 16.677 Kali
Maklumat PPID

Statistik SID